Blogger news

Abis baca di LIKE ya...hahaha

Sabtu, 08 September 2012

Tugas SP Komputer 2 tahun 2012



MAKALAH KOMPUTER II
ANALISIS KESALAHAN SKRIPSI

Oleh:


MUHAMMAD RAMLI
NIM. 08.0504.5056



 










PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MULAWARMAN
SAMARINDA
2012


KATA PENGANTAR


            Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT beserta Rasul-Nya, atas Berkat Rahmat-Nya dan Hidayah-Nya lah akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”ANALISIS KESALAHAN SKRIPSI”. Penulis ingin meyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Drs. Azainil, M.Si selaku dosen mata kuliah Komputer 2.
            Penulis menyadari bahwa di dalam makalah ini masih banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan. Penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi  perbaikan makalah ini selanjutnya dimasa mendatang.

                                                                                    Samarinda,       Agustus 2012

                                                                                                    Penulis



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL......................................................................................  i
KATA PENGANTAR...................................................................................    ii
DAFTAR ISI...................................................................................................  iii
BAB I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang..........................................................................  1
B.     Permasalahan............................................................................  2
C.     Tujuan.......................................................................................  2
D.    Manfaat.....................................................................................  2
BAB II      LANDASAN TEORI
Analisis Regresi Linear Ganda.......................................................     3
BAB III    ANALISIS KESALAHAN SKRIPSI DAN PEMBAHASAN
A.    Analisis Kesalahan Skripsi........................................................    7
B.     Pembahasan..............................................................................   22
BAB IV    KESIMPULAN
A.    Kesimpulan...............................................................................   28
B.     Saran.........................................................................................  28
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................     29





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Statistik diartikan sebagai kumpulan data bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam tabel atau diagram yang menggambarkan suatu persoalan (Sudjana 2005: 2). Sedangkan statistika diartikan sebagai ilmunya. Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan (Sudjana 2005: 3). Disadari atau tidak, statistika sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Statistika sangat penting digunakan dalam bidang teknik, industri, bisnis, ekonomi, astronomi, biologi, kedokteran, asuransi, pertanian, perniagaan, sosiologi, antropologi, pemerintahan, pendidikan, dan sebagainya.
Dunia penelitian atau riset, dimanapun dilakukan, tidak akan terlepas dari masalah statistika. Masalah statistika dapat diselesaikan dengan metode-metode statistik. Dalam dunia perkuliahan, para mahasiswa yang skripsi atau tugas akhirnya berupa studi kasus atau penelitian biasanya menggunakan metode statistika untuk menyelesaikan analisis data skripsi atau tugas akhir.
Mata kuliah mengenai metode statistika tidak hanya diajarkan kepada mahasiswa jurusan matematika saja. Akan tetapi seluruh mahasiswa disemua jurusan diajarkan mata kuliah tersebut. Hanya saja penekanan metode statistika pada mahasiswa jurusan matematika lebih mendalam sehingga pemahaman mereka mengenai statistika lebih paham daripada mahasiswa dari jurusan lain. Akibatnya, jika ditelusuri lebih jauh masih banyak ditemukan skripsi dan tugas akhir mahasiswa non matematika yang analisis datanya masih salah atau kurang benar.
Pada makalah ini akan dibahas kesalahan analisis data dan pembetulan analisis data pada salah satu skripsi yang berjudul “ Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun pembelajaran 2010/2011”, yang ditulis oleh Parel Njau (05.50577.16224.05), Program studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan.

B.     Permasalahan
Permasalahan yang akan dikaji adalah sebagai berikut.
(1)   Dimana letak kesalahan analisis data yang terdapat pada skripsi berjudul Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun pembelajaran 2010/2011”?
(2)   Bagaimana pembetulan analisis data pada skripsi berjudul Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun pembelajaran 2010/2011”?

C.    Tujuan
Tujuan dari permasalahan di atas adalah sebagai berikut.
(1)   Untuk mengetahui letak kesalahan analisis data yang terdapat pada skripsi berjudul Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun pembelajaran 2010/2011”.
(2)   Untuk mengetahui pembetulan analisis data pada skripsi berjudul Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun pembelajaran 2010/2011”.

D.    Manfaat
Laporan ini diharapkan dapat bermanfaat:
1.      Bagi mahasiswa, sebagai masukan untuk menambah wawasan mengenai statistika dan penggunaannya dalam penyusunan skripsi.
2.      Bagi dosen, sebagai bahan evaluasi mengenai skripsi-skripsi yang telah ada.

Selengkapnya.............klik di SINI

Tidak ada komentar: