MAKALAH
KOMPUTER II
ANALISIS
KESALAHAN SKRIPSI
Oleh:
MUHAMMAD RAMLI
NIM. 08.0504.5056
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MULAWARMAN
SAMARINDA
2012
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kita panjatkan
kehadirat Allah SWT beserta Rasul-Nya, atas Berkat Rahmat-Nya dan Hidayah-Nya
lah akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”ANALISIS
KESALAHAN SKRIPSI”. Penulis ingin
meyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Drs. Azainil, M.Si selaku dosen mata kuliah
Komputer 2.
Penulis
menyadari bahwa di dalam makalah ini masih banyak kekurangan-kekurangan dan
kesalahan. Penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan makalah ini selanjutnya dimasa
mendatang.
Samarinda, Agustus 2012
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.......................................................................... 1
B.
Permasalahan............................................................................ 2
C.
Tujuan....................................................................................... 2
D.
Manfaat..................................................................................... 2
BAB II LANDASAN TEORI
Analisis
Regresi Linear Ganda....................................................... 3
BAB III ANALISIS KESALAHAN
SKRIPSI DAN PEMBAHASAN
A.
Analisis Kesalahan Skripsi........................................................ 7
B.
Pembahasan.............................................................................. 22
BAB IV KESIMPULAN
A.
Kesimpulan............................................................................... 28
B.
Saran......................................................................................... 28
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................... 29
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Statistik diartikan sebagai kumpulan data bilangan maupun
non bilangan yang disusun dalam tabel atau diagram yang menggambarkan suatu
persoalan (Sudjana 2005: 2). Sedangkan statistika diartikan sebagai ilmunya.
Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan
data, pengolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan
kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan (Sudjana 2005: 3). Disadari
atau tidak, statistika sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Statistika sangat penting digunakan dalam bidang teknik, industri, bisnis,
ekonomi, astronomi, biologi, kedokteran, asuransi, pertanian, perniagaan,
sosiologi, antropologi, pemerintahan, pendidikan, dan sebagainya.
Dunia penelitian atau riset, dimanapun dilakukan, tidak
akan terlepas dari masalah statistika. Masalah statistika dapat diselesaikan
dengan metode-metode statistik. Dalam dunia perkuliahan, para mahasiswa yang
skripsi atau tugas akhirnya berupa studi kasus atau penelitian biasanya
menggunakan metode statistika untuk menyelesaikan analisis data skripsi atau
tugas akhir.
Mata kuliah mengenai metode statistika tidak hanya
diajarkan kepada mahasiswa jurusan matematika saja. Akan tetapi seluruh
mahasiswa disemua jurusan diajarkan mata kuliah tersebut. Hanya saja penekanan
metode statistika pada mahasiswa jurusan matematika lebih mendalam sehingga
pemahaman mereka mengenai statistika lebih paham daripada mahasiswa dari
jurusan lain. Akibatnya, jika ditelusuri lebih jauh masih banyak ditemukan
skripsi dan tugas akhir mahasiswa non matematika yang analisis datanya masih
salah atau kurang benar.
Pada makalah ini akan dibahas kesalahan analisis data dan
pembetulan analisis data pada salah satu skripsi yang berjudul “ Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Matematika Siswa terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun
pembelajaran 2010/2011”, yang ditulis oleh Parel Njau (05.50577.16224.05), Program
studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas
Keguruan dan lmu Pendidikan.
B. Permasalahan
Permasalahan yang akan dikaji adalah sebagai berikut.
(1) Dimana
letak kesalahan analisis data yang terdapat pada skripsi berjudul “Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin
Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun pembelajaran
2010/2011”?
(2) Bagaimana pembetulan analisis data pada
skripsi berjudul “Pengaruh Motivasi
Belajar dan Disiplin Belajar Matematika Siswa terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun
pembelajaran 2010/2011”?
C. Tujuan
Tujuan dari permasalahan di atas adalah sebagai berikut.
(1)
Untuk mengetahui letak kesalahan analisis data yang
terdapat pada skripsi berjudul “Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin
Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun pembelajaran
2010/2011”.
(2)
Untuk mengetahui pembetulan analisis data pada skripsi
berjudul “Pengaruh Motivasi
Belajar dan Disiplin Belajar Matematika Siswa terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK TI Airlangga Samarinda tahun
pembelajaran 2010/2011”.
D.
Manfaat
Laporan ini diharapkan dapat bermanfaat:
1. Bagi
mahasiswa, sebagai masukan untuk menambah wawasan mengenai statistika dan
penggunaannya dalam penyusunan skripsi.
2. Bagi
dosen, sebagai bahan evaluasi mengenai skripsi-skripsi yang telah ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar